Sabtu, November 15, 2008

Sirkulasi Laut

Energi dari Matahari tidak jatuh sama seluruh Bumi. Sebagian besar Minggu energi memasuki Bumi di khatulistiwa. Ini mengarah besar gradients suhu antara khatulistiwa dan Kutub. Gerakan kedua udara dan lautan dikontrol oleh perbedaan suhu ini dan hasilnya adalah transfer panas dari khatulistiwa ke kutub. Sekitar separuh panas transportasi adalah sekitar planet oleh lautan sehingga lautan yang sangat penting adalah bagian dari bumi iklim sistem kontrol. Jika sirkulasi laut akan berubah oleh pemanasan global, perubahan besar dalam iklim itu adalah kemungkinan. Ocean sirkulasi juga transportasi oksigen dari udara ke dalam laut mungkin membuat kehidupan laut.

Air laut yang terus bergerak di seluruh dunia sebagai jika besar adalah pada ban berjalan, bergerak dari permukaan ke laut dan kembali. Karena jarak yang telah air untuk perjalanan sangat besar, diperlukan sekitar tahun 1000 air laut untuk pergi ke semua jalan di sekitar Bumi.

Pergerakan air di sekitar lautan memiliki dua bagian yang sangat terkait: 

  1. Dengan kepadatan penduduk didorong sirkulasi yang digerakkan oleh perbedaan dalam kepadatan dari air laut di lokasi yang berbeda. Banyaknya penebaran air laut tergantung pada suhu dan bagaimana asin ini. Akibatnya, gerakan ini dikenal sebagai tidak ada sirkulasi (Yunani: termo = panas, háls = garam).
  2. Angin didorong peredaran hasil yang besar di permukaan arus seperti Teluk Streaming.

Tidak ada komentar: